Ternyata Gelombang Alfa Bangkitkan Kecerdasan Anak


Zona alfa dapat membantu menstimulasi kecerdasan anak. Seperti halnya zona alfa pada buku "Sekolahnya Manusia". Di "sekolahnya manusia" pak munif menyampaikan ada pengkondisian pembelajaran dengan zona alfa, bahkan itu masuk dalam lesson plan sekolahnya manusia. Zona alfa ini bisa kita kondisikan dengan stimulasi frekuensi gelombang alfa pada anak. Pengkondisian zona alfa dalam pembelajaran di kelas tentu dapat diterapkan. Cuma masalahnya bagaimana menghasilkan frekuensi gelombang alfa? Apakah kita perlu sebuah alat frekuensi generator?

Kali ini iyonesia akan berbagi sebuah software yang dapat digunakan untuk membantu membangkitkan zona alpha maupun zona yang lain. Tapi sebelumnya mungkin perlu diketahui tentang beberapa gelombang otak yang bermanfaat dan dapat kita optimalkan sesuai kebutuhan.


11.      Gelombang alfa dapat membantu kita untuk rileks dan membuka jalan pada kreativitas dan pemecahan masalah. Zona alpha ini mendorong mengalirnya energi kreatif dan pikiran yang sehat. Kreativitas dalam pemecahan masalah merupakan satu bentuk kecerdasan anak.

22.      Gelombang beta dapat membantu kita untuk fokus, konsentrasi pada sebuah pekerjaan (tetapi jika berlebihan dapat membawa kita dalam perasaan cemas, gelisah). Zona beta membantu dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian, bermain olahraga, atau aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan. Zona beta cocok untuk kontemplasi, problem solving dan visualisasi, sebagai gerbang jalan munculnya kreativitas.

33.      Gelombang theta dapat membantu kita dalam bermeditasi, mendorong relaksasi tingkat tinggi. Zona theta muncul saat bermimpi dalam keadaan tidur sebentar (tidak nyenyak). Frekuensi gelombang theta berhubungan dengan pengurangan tingkat stress dan  recalling memori masa lampau yang sudah terlupa.

44.      Gelombang delta membantu dalam proses penyembuhan, serta mendukung untuk suasana tidur nyenyak. Beberapa frekeunsi pada zona delta ini memicu hormon pertumbuhan pada manusia. Selain itu zona delta juga memberikan kemungkinan untuk mengakses aktivitas alam bawah sadar otak untuk kemudian meneruskannya ke alam sadar.

Bapak ibu guru dapat mengkondisikan zona mana yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Apakah di awal, di sela-sela pembelajaran atau di akhir pembelajaran. Sesuaikan dengan kebutuhan. Caranya gampang tinggal Install softwarenya, kemudian bawa lepi ke kelas, colokin speakernya (pake speaker lepi juga bisa). Kira-kira 5 menitan lah... tapi jangan gelombang delta ya... bisa-bisa ntar muridnya tidur nyenyak....

Bagi yang pengen mencoba software ini silahkan coba download di sini
Tampilannya seperti ini.

Penggunaannya cukup mudah. Apalagi ada menu factory preset nya dengan berbagai menu pilihan, apakah relaksasi, meditasi, body healing, problem solver dan sebagainya... pilih salah satu, kemudian jangan lupa centang "include brainwave synchronizer". Dengan software ini kita juga dapat melakukan terapi terhadap diri kita melalui sound therapy... sesuai nama softwarenya... natura sound therapy...

 

Tags:

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget