Inilah yang terjadi ketika SRB dan DRB berada dalam satu kelas PKB

Salam iyonesia, 

Sobat iyonesia, juga sahabat rumah belajar kira-kira apa yang tejadi ketika tak diduga dan disangka, sahabat rumah belajar dan duta rumah belajar bertemu dalam satu ruangan?

Berbagi pembaTIK dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja di saat momen memungkinkan. Itulah yang dilakukan Bang Iyon. Seperti yang terjadi pada hari Selasa, 29 September 2020 saat diadakan kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan di SMP 4 Wonosari untuk 30 orang guru mata pelajaran IPA SMP. Tiga puluh orang tersebut terbagi dalam dua kelas, masing-masing 15 orang.


Salah satu modul PKB yang diperdalam adalah modul TIK dalam pembelajaran. Sebuah momen yang tepat karena senada dengan kegiatan sahabat rumah belajar berbagi pengalaman pembaTIK, maka koordinasi dengan panitia untuk permohonan ijin sosialisasi dan berbagi pun Bang Iyon lakukan. Sosialiasi rumah belajar pun siap dilakukan.

Tetapi siapa sangka salah satu pemateri adalah DRB 2018, Sigit Suryono, M.Pd. Pasti dan sudah barang tentu, terkait sosialisasi rumah belajar warga IPA khususnya IPA SMP sudah kenyang dengan sosialisasi rumah belajar. Oleh karena itu, Bang iyon pun memutar otak, mencari celah sekiranya sosialisasi rumah belajar tidak hanya sekedar sosialisasi tapi perlu ada yang berbeda. Fitur kelas maya pun menjadi satu pilihan bersama dengan edugame.
Penjajakan penggunaan kelas maya yang sudah dilakukan pun dilakukan. Diketahui bahwa sebagian besar peserta menggunakan kelas maya untuk sekedar memberikan materi dan materi. Bahkan presensi pun masih dilakukan.  Berbekal pengalaman pembaTIK dengan kelas daring, Bang Iyon pun kemudian berbagi pengalaman dan inovasi dengan kelas maya.

Presensi kelas maya. Kehadiran di kelas maya tidak perlu sekaku seperti di kelas tatap muka. Karena kelas maya bersifat online, artinya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk mengidentifikasi kehadiran siswa salah satunya bisa menggunakan fitur forum diskusi. Kenapa menggunakan forum diskusi? Karena postingan di forum diskusi terekam tanggal dan jam siswa ketika posting di forum tersebut. Selain itu dengan menggunakan forum, keaktifan siswa dan skill komunikasi pun terasah.

Berkaitan materi TIK dalam pembelajaran, DRB 2018, Pak Sigit Suryono menyampaikan materi pembuatan aplikasi android dengan Smart Apps Creator. Berkaitan dengan hal tersebut, berbekal pengalaman dalam pembuatan aplikasi Bang Iyon memberikan tips untuk melihat konten di sumber belajar maupun edugame di portal rumah belajar.
Tampilan maupun konten di sumber belajar maupun edugame dapat dijadikan referensi untuk membuat aplikasi berbasis android. Mulai dari gambaran tombolnya, tata letaknya atau background gambarnya.







Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget