Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran di Espero

 

Pada pertengahan bulan September 2020, SMP Negeri 2 Semin mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran. Dalam pelatihan tersebut, Bang Iyon berkesempatan untuk memfasilitasi teman-teman guru berbagi tentang pembuatan video pembelajaran. Pelatihan pembuatan video pembelajaran dipilih untuk mendukung kemampuan para guru dalam membuat bahan ajar, baik daring maupun luring. Apalagi secara materi bapak ibu guru sudah memiliki banyak materi dan pengalaman. Secara alat, bapak ibu guru juga sudah memiliki peralatan yang mendukung untuk pembuatannya. 

 


Hari pertama diisi dengan materi :

  • channel youtube dan pembuatannya
  • cara uplod ke youtube dg video yg sudah ada
  • ips pengambilan gambar
  • aplikasi editing video dg handphone
  • dasar-dasar editing video
  • export/render video

Haru pertama diakhiri dg penugasan untuk diupload di youtube dan share di grup whatsapp. Akibatnya, grup whatsapp guru-guru penuh dengan video-video buatan hasil pelatihan. Tapi tidak masalah, hal ini juga sebagai bentuk laporan langsung kepada kepala sekolah.


 Hari kedua, pembuatan video sudah memasuki level yang sedikit lebih tinggi. Jika di hari pertama belum memainkan layer atau lapisan video, hari kedua sudah memulai memainkan layer. Selain layer juga diajarkan cara penambahan audio, teknik chroma key, green screen dan juga animasi.

Alhasil, guru-guru mulai berakting an mulai sibuk dengan dunianya sendiri. Editing video. Sehingga tidak terasa hari mulai siang.

 



#MerdekaBelajar
#NadiemMakarim
#PembaTIK2020
#pembatiklevel4
#RumahBelajar
#guruberbagi
#gurupenggerak

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget