Tips Aman Menggunakan Kelas Maya Kemdikbud

 

Salam edukasi, salam iyonesia ...

Sobat iyonesia menggunakan kelas maya kemdikbud? Nah, kali ini Bang iyon akan memberikan tips bagi sobat iyonesia yang menggunakan kelas maya kemdikbud, terutama yang menggunakan kelas maya dengan role peran sebagai guru. Artinya sobat iyonesia sekalian membuat kelas daring di kelas maya kemdikbud.

Kelas maya ini adalah salah satu fitur portal rumah belajar. Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Tetapi sudah familiarkah murid-murid dalam menggunakan kelas maya? Jika sobat iyonesia baru pertama kali menggunakan kels maya ini, sebaiknya dilakukan. Yang sudah pake beberapa kali juga boleh menggunakan tips ini.
 

Tipsnya adalah daftarlah sebagai siswa di kelas maya tersebut. Lah, kan guru, kenapa mesti daftar jadi siswa? Nah, kelas maya kemdikbud sebetulnya menyediakan panduan/tutorial baik sebagai penyelenggara, guru atau siswa. Tapi apa yakin semua akan membaca panduan tersebut. Kebanyakan orang akan lebih suka langsung nyoba daripada baca panduannya dulu. Nanti jika ketemu masalah baru buka panduannya ("Indonesia banget yah" 😉). Itulah gunanya sobat iyonesia harus ikut tips ini.

Ketika sobat iyonesia, menyuruh siswanya untuk membuka kelas maya yang sobat iyonesia buat, pasti akan banyak pertanyaan. Apalagi jika siswa baru pertama kali membuka dan memakainya. Tentu akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul, entah itu di grup atau pun japri sobat iyonesia sekalian. Dengan mendaftar sebagai siswa, sobat iyonesia dapat merasakan dan menemukan kira-kira apa yang akan jadi pertanyaan/kendala bagi para siswa. Memang dari menu kelas maya sendiri ada menu lihat kelas.
Dari menu tombol "Lihat  Kelas", sobat iyonesia sekalian akan diarahkan dan dibukakan jendela baru. Ketika jendela baru terbuka, maka sekarang perannya adalah sebagai siswa. Jadi jendela yang tampil adalah preview kenampakan jika dibuka oleh siswa.

Cuma sobat iyonesia sekalian tidak bisa mencoba-coba dengan leluasa. Dengan mendaftar sebagai siswa, maka sobat iyonesia dapat memposisikan diri sebagai siswa. Melihat seperti apa jika sebagai siswa, mengetahui kesulitannya. Terutama dengan interface rumah belajar (bagi yang pertama kali pakai). Sehingga sobat iyonesia siap dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul. Kalau pertanyaannya seputar materi pelajarannya tentu nggak masalah bagi sobat iyonesia. 

Misalnya saja, Kode Kelas dan Kata Kunci. Ini adalah dua hal yang berbeda, tapi berpasangan dan tak dapat dipisahkan. Kode kelas adalah kode yang digunakan untuk memudahkan mencari pencarian kelas, sedangkan kata kunci adalah kata kunci untuk mendaftar/mengikuti kelas yang dimaksud.

Penggunaan Kode kelas

Salah memasukkan kode kelas tentu akan memperlama pencarian kelas. Dan pasti akan muncul japrian, pak/bu kelasnya gak ada...😁

Penggunaan Kata Kunci

Ketika sobat iyonesia sudah daftar dan masuk kelas sobat iyonesia sendiri sebagai siswa, sekarang bisa melihat dan mencoba semua menu dari kenampakan sisi siswa. 

Tampilan Kelas di Siswa


Dari kenampakan Awal aja dah keliatan ada bedanya, di jendela siswa ada tampilan silabus. Tapi kalau dilihat dari akun guru, tampilan tersebut tidak terlihat. Tapi kan tidak bisa dibuka langsung oleh siswa Bang... Kelasnya kan baru dibuka besok, settingannya buat tanggal besok...

Kalo settingannya dibuat untuk besok, ya sementara di edit dulu... biar bisa buat sekarang, dan bisa langsung dicoba 😁. Dengan melihat dari posisi siswa, berarti sobat iyonesia juga sekaligus mereview materi kelas daring yang dibuat.

Nah, udah terbayang kan kenapa harus daftar sebagai siswa. Lanjutkan ya sampai ke tampilan dalamnya...😎

Salam edukasi, salam iyonesia...













Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget