Tips Kelas Daring agar Siswa Makin Mantap dan Terarah

Salam edukasi, salam iyonesia...

Sobat iyonesia, khususnya yang bapak ibu guru yang sedang melakukan pembelajaran dengan kelas daring. Kali ini Bang Iyon, ingin berbagi tips pengalaman di kelas maya agar pembelajaran daring dengan kelas maya menjadi semakin mantap dan terarah.

Pertama, Atur kapan tanggal kelas tersebut mulai dan berakhir.

Kedua, penyampaian tujuan pembelajaran dan juga petunjuk cara belajar dengan kelas maya. Penyampaian petunjuk cara belajar atau cara penggunaan kelas maya ini perlu disampaikan untuk mengantisipasi siswa yang baru saja ikut kelas daring yang kita buat. Tujuan pembelajaran pun demikian jika perlu disampaikan manfaat riil dalam kehidupan nyata setelah belajar materi di kelas maya yang bersangkutan. Akan lebih kuat jika guru memberi contoh manfaat yang dilakukan oleh guru bersangkutan terkait materi yang dibelajarkan agar tidak dipandang sebelah mata oleh siswa. Bisa juga diberikan sebuah pranala luar yang kita anggap mampu "menggelitik" rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan dipelajari.



Ketiga, penyampaian bobot penilaian dalam pembelajaran di kelas maya. Bobot penilaian berkaitan dengan kriteria kelulusan dari materi yang dipelajari. Dan juga sebagai bentuk transparansi sistem penilaian yang dilakukan.


Keempat, penggunaan forum dalam kelas maya. Bukalah forum dengan kalimat sapaan yang akrab buat siswa, untuk menciptakan "kesan"  yang baik. Forum di kelas maya, dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi. Jika perlu sampaikan diskusi secara online dilakukan pada jam berapa. Sehingga ketika ada yang menyampaikan pendapat melalui forum, maka yang lain dapat secara langsung menimpali satu sama lain. Tidak harus menunggu. Semacam obrolan lewat forum. Dengan demikian kelas akan terasa hidup dan ada penghuninya. Tidak sekedar melihat materi, mengumpulkan tugas, mengerjakan soal.


Kelima, pengaturan waktu publish tiap kegiatan belajar di kelas maya. Jika kelas maya yang digunakan ada menu untuk pengaturan prasyarat pada setiap kegiatan belajarnya maka akan lebih baik. Misalnya, materi kedua dapat diakses setelah materi satu terselesaikan dan seterusnya. Sehingga pembelajaran lebih terarah.


Keenam, pemanfaatan edugame di sela-sela kegiatan belajar.Untuk membuat siswa tidak tegang dan menyukai kelas maya kita, tambahkan minimal satu permainan pada materi kelas maya. Tentunya permainannya berkaitan dengan materi kelas maya. Sehingga siswa melalui permainan tersebut, siswa juga belajar menghafal dan memahami materi dengan gembira. 

 

Ketujuh, berikanlah penugasan proyek di akhir kegiatan. Selain Ujian akhir yang berupa soal, tugas proyek bisa menjadi pelengkap kelas maya. Dengan tugas proyek siswa kreatifitas dan kedisiplinan siswa akan terasah. Tentu dengan tugas proyek siswa akan menemukan hal-hal baru yang tidak akan didapat hanya dengan membaca. Skill keterampilan akan terasah dalam tugas proyek.

Demikian tips dari bang iyon tentang kelas maya, kelas daring.... nantikan tips lainnya ya..

Salam iyonesia, salam edukasi...


Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget