Gunakan Konten Sumber Belajar Kemdikbud, Materi Pembelajaran tersampaikan Kreativitas pun Terbina

Sebagai kelanjutan pembelajaran proyek yang dilakukan, para siswa kemudian berjibaku dengan semangatnya untuk memenuhi tugas proyek yang diberikan. Sengaja arahan tentang tugas proyek diberikan tidak secara detail diberi kebebasan. Batasan hanya diberikan terkait waktu dan tantangan materi yang harus dibuat, dan dikirim dalam bentuk video.

Pembelajaran dengan menggunakan konten sumber belajar kemdikbud dilakukan karena kontennya sesuai dengan yang dibutuhkan, gratis dan tentunya bebas dari iklan seperti pada web kebanyakan. Pada kesempatan tersebut, Bang Iyon mengajak siswa untuk belajar tentang listrik statis. Model pembelajaran proyek dipilih untuk dilakukan di masa pandemi ini. Dengan tujuan agar siswa mendapat pengalaman lebih dari hanya sekedar belajar materi reguler. Sekaligus menunjukkan kepada orang tua bahwa handphone yang mereka miliki juga memang bisa digunakan untuk mendukung mereka belajar.

Tantangan proyek yang diberikan adalah membuat video pembelajaran gejala listrik statis dalam kehidupan beserta dengan penjelasannya. Sebelumnya, siswa belajar satu contoh video gejala listrik statis yang terdapat dalam konten video di sumber belajar kemdikbud beserta teori listrik statis. 

Tak diduga, hasil proyek video yang dikirim siswa sungguh luar biasa. Dengan penuh kreativitas mereka mencoba menyajikan sebuah video yang unik. Layaknya vlogger profesional. Dari sisi isi materi, mereka pun memberikan penjelasan mengenai fenomena listrik statis yang teramati. Dari video yang dikirim tampak mereka menikmati menjadi artis vlog buatan sendiri. Dari sisi materi, mereka pun paham materi yang disampaikan. Tidak perlu banyak-banyak materi yang disampaikan, sedikit dan bermakna. Itu lebih berarti.

Kreativitas mereka itu lebih penting, karena di era seperti sekarang kreativitas menjadi salah satu keterampilan untuk dapat bertahan dan bersaing. Pembelajaran proyek ini menjadi salah satu media untuk membina kreativitas. Berikut contoh hasil video siswa.

 
 

 
 

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget