Inilah Cara Salurkan Bakat dan Kreativitas Siswa dengan Pancingan Konten Sumber Belajar Kemdikbud


Salam iyonesia, Salam edukasi...
 
Sobat iyonesia, Video ini adalah rangkaian dari postingan sebelumnya, yakni Cara gunakan sumber belajar untuk project based learning.  Sekaligus sebagai vlog tugas pembaTIK level 4, inovasi belajar.
Sungguh hasil yang diluar dugaan dari proyek yang diberikan ke siswa.
Proyek yang diminta untuk dikumpulkan adalah tantangan untuk membuat video tentang gelaja listrik statis dalam kehidupan. Dengan contoh adalah gejala listrik statis yang ada di laman sumber belajar. Siswa dibebaskan untuk membuat praktik yang lain. 
Siswa hanya diminta untuk membuat rekaman proyek tersebut dan menjelaskan tentang fenomena yang teramati. Durasi rekaman maksimal 2 menit. Bayangan kami, siswa akan memberikan rekaman apa adanya. Nyalakan kamera, praktik, jelaskan, selesai, simpan, kemudian kirim. Sesimpel  dan semudah itu. Ternyata dengan adanya tantangan rekam video, bakat siswa seperti tersalurkan.
Siswa kemudian mengirimkan video yang sudah di edit. Layaknya artis youtuber dan artis instagram. Video-video yang mereka buat dan mereka kirim secara tampilan luar biasa kreatif. Secara materi belajar, anak pun kemudian berusaha memberikan penjelasan dengan baik. Video karya siswa sengaja bang iyon tampilkan berdampingan di menit 3:33 sehingga kelihatan perbandingannya. Ada 3 contoh video yang bang iyon tampilkan. Berikut salah satu contohnya.

Dari kegiatan pembelajaran project based learning tersebut, terlihat sekali siswa menikmati prosesnya. Hal ini terlihat dari kreativitas di video yang diunggah. Secara materi, siswa pun paham terkait apa yang menjadi penyebab munculnya fenomena tersebut.

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget