Cara Berbagi Rejeki Dengan Anak Asuh


Pernahkah terbersit di benak anda untuk mempunyai anak asuh dalam pendidikan? Atau membantu biaya pendidikan seseorang sekedarnya, sesuai kemampuan anda? Tapi anda bingung mencari siapa yang mo dikasih, atau mungkin malu karena jumlahnya yang bisa anda berikan hanya sedikit... Bahkan mungkin tidak bisa rutin... Setiap niat baik selalu ada jalan untuk menyalurkan. Berikut mungkin cara yang bisa anda lakukan untuk berbagi rejeki anda kepada orang lain yang membutuhkan, tanpa harus turun tangan langsung.
1.      Berikan langsung
Berikan langsung sejumlah rejeki anda kepada yang membutuhkan. Cuma hal ini tentu tidak mudah, anda harus mencari orang atau anak yang membutuhkan atau orang tua si anak yang membutuhkan tersebut. Terlebih jika diberikan langsung kepada Si anak, mungkin akan timbul rasa khawatir beneran gak ya ntar uangnya dipake buat keperluan pendidikan..jangan-jangan dipake buat jajan...jangan-jangan.. Tapi sebaiknya pikiran seperti ini kita buang jauh aja, kita berbaik sangka saja. Toh, niat kita dah baik. Mudah-mudahan niat yang baik juga disambut dan dilaksanakan dengan baik juga.
2.      Berikan melalui perantaraan
Jika tidak susah untuk mencari orang atau anak yang membutuhkan anda bisa menyalurkan rejeki anda lewat orang yang dapat dipercaya atau mungkin BAZIS terdekat. Sehingga anda mengalami tidak mengalami kerepotan.
3.      Kumpulkan Dana, Cari Sekolah sasaran
Jika anda ingin membantu dalam jumlah yang lebih besar, tapi rejeki anda baru sedikit anda bisa ajak teman. Ajak teman yang punya pemikiran yang sama. Kumpulkan rejeki dari beberapa teman, dan ajak teman-teman anda untuk mencari sekolah sasaran. Lebih enak kalo anda dan teman-teman anda satu almamater. Ya paling mudah kembali ke almamater dan untuk penyalurannya bekerja sama dengan guru BK. Karena biasanya guru BK paling tahu kondisi siswa. Jika dana yang terkumpul banyak tentu bisa digunakan untuk lebih dari satu orang. Bahkan sangat memungkinkan jika anda dan teman-teman anda dapat memberikan rejeki secara kontinyu, anda dan teman-teman anda bisa mengemasnya menjadi semacam beasiswa reguler. Tentu anda tidak harus turun tangan langsung untuk administrasinya. Bisa minta bantuan pihak sekolah. Hal ini akan lebih mudah jika anda bekerja di sekolah, sasaran bisa sekolah anda sendiri.
Yang utama, karena hal ini terkait dengan uang maka usahakan adanya transparansi dalam pengelolaan maupun penyaluran. Karena biar bagaimanapun juga, namanya manusia ya kadang-kadang timbul rasa curiga...
Nah, itu beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan sebagai salah satu jalan untuk berbagi. *saran : ambil yang baik,tinggalkan yang buruk...


Tags:

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget