Inilah Cara Memfasilitasi Social Based Learning Di Kelas Maya

Permasalahan aktual sekolah di masa pandemi adalah bahwa guru sulit untuk bertatap muka dengan siswa dan juga sulit mengenali siswa baru. Pembelajaran daring identik dengan pembelajaran mandiri dan individual. Secara interaksi dengan sekitar atau orang lain menjadi berkurang. Karena tidak berjumpa atau bertatap muka dengan teman sekelas. Beberapa kelas daring memiliki fitur untuk melakukan video conference yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertatap muka, bertegur sapa secara langsung. Artinya dengan video conference tersebut, social based learning mendapatkan jalannya untuk dilakukan.

Di fitur kelas maya kemdikbud, fitur video conference belum ada. Jika tidak ada, lantas bagaimana kemudian cara melakukan social based learning dalam kelas maya? Sebagai user guru di kelas maya, untuk memfasilitasi keterlaksanaan social based di kelas maya dapat dilakukan sebagai berikut.

Pertama,  menggunakan menu pengumuman. 

Gunakan menu pengumuman di kelas maya, untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan. Caranya, klik menu pengumuman, pilih tambahkan pengumuman, isi sesuai kebutuhan, selesai, simpan. Bagi kelas yang baru saja menggunakan kelas maya, guru bisa menambahkan keterangan detail tentang diskusi. Misalnya, kegiatan diskusi melalui menu forum yakni dengan cara mengklik forum Diskusi di menudsebelah kiri.

 

Baca Juga: Tips Aman Mengunakan Kelas Maya Kemdikbud


Kedua,
gunakan menu forum yang ada di kelas maya.

Setelah mengunakan pengumuman, maka yang dilakukan adalah menuju ke menu forum. Bagi kelas yang baru saja menggukan kelas maya, Guru bisa memulai forum agar siswa tidak mengalami kebingungan. Terutama bagi sisiwa yang baru pertama kali menggunakan kelas maya.


Ketiga, mencoba Sosial Learning pihak ketiga. 

Pada Permasalahan aktual yang muncul, yang dihadapi sekolah pada masa pandemi adalah guru sulit mengenali siswa baru, penggunaan fitur kirim tugas dengan melampirkan foto atau video perkenalan. Tapi hal itu mungkin terlalu biasa. Sosial learning di kelas maya tidak menutup kemungkinan di kombinasikan dengan metode lain seperti flippgrid. Tentunya pengerjaannya dimasukkan ke dalam poin penilaian.

Berikut ini adalah media yang bisa digunakan untuk menggali kondisi siswa anda untuk meningkatkan ikatan sosial. Pada halaman ini anda akan merekam diri anda (persiapkan tampilan yang cantik 😊 untuk menjawab pertanyaan yang ada, waktu rekam hanya 1,5 menit saja.

sobat iyonesia pun dapat mencobanya di link berikut

https://flipgrid.com/155e2cbe


SELAMAT MENCOBA


Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget