Tips Menggunakan Sumber Belajar Rumah Belajar di "Kelas Whatsapp"


Kelas daring yang dilakukan di tiap sekolah berbeda-beda tergantung sumber daya yang mendukung. Baik dari sumber daya dari sisi sekolah dan guru maupun siswa. Namun demikian ada satu media sosial yang banyak digunakan, artinya secara umum digunakan dalam baik dalam komunikasi maupun mendukung pembelajaran. Whatsapp, whatsapp sebagai aplikasi media sosial chating banyak digunakan oleh guru dan siswa.

Di sekolah-sekolah pinggiran tidak semua siswa memiliki handphone. Selain itu, jika memiliki handphone pun belum tentu kuota yang dimiliki bisa digunakan untuk browsing. Karena kuota yang dimiliki hanyalah kuota chatting. Apalagi jika guru memberikan sumber belajar melalui internet, tentu siswa tidak akan bisa mengakses. Termasuk jika guru menggunakan sumber belajar dari portal rumah belajar kemdikbud.


Dalam memberikan sumber belajar di internet, tentu bapak ibu guru sudah paham bahwa siswa tidak dibiarkan untuk melanglang buana di hutan belantara dunia maya. Karena akan memakan waktu dan bahkan mungkin akan tersesat dan tergoda dengan lainnya. Dalam pemberian sumber belajar di internet sebisa mungkin adalah alamat yang jelas dan langsung menuju sasaran. Akan lebih baik, jika alamatnya pun biasanya tidak mudah ditemukan, harus melalui jalan tikus untuk mendapatkannya. Jika alamatnya mudah ditemukan, biasanya siswa akan gampang skeptis.

Kembali kepada penggunaan konten sumber belajar dari portal rumah belajar, yang isinya beragam dari konten yang berupa video,  berikut beberapa tips untuk memudahkan bapak ibu guru dalam menggunakan konten sumber belajar dari portal rumah belajar.

1. Mencari konten pembelajaran

Pada kolom pencarian ketikkan kata kunci kontent pembelajaran yang dibutuhkan.


 

2. Mengunduh konten

Pada beberapa konten yang terdapat di sumber belajar, terdapat tombol atau menu unduhannya,

tinggal klik tombol unduh. Kemudian muncul jendela login, pilih login dengan google. Setelah itu, file akan terdownload.


Jangan lupa untuk mencermati dimana letak dimana kita menyimpan unduhannya. Untuk konten media yang tidak ada tombol unduhnya, bisa menggunakan add on tambahan di browser. Contoh add on video downloader di browser firefox.

Baca Juga cara mengunduh file video/audio dari web.

3. Mengupload file unduhan di whatsapp.

Untuk memudahkan kita dalam mengupload, sebaiknya kita menggunakan whatsapp web.Buka dulu https://web.whatsapp.com/ kemudian lakukan pengiriman dengan melakukan attachment file, kita pilih yang foto atau video.


4. Buka folder tempat Mendownload

Pastikan letak tempat kita mendownload, ambil file video dari folder download. Pilih, dan siap kirim.

tekan enter selesai.



Nah, dengan cara demikian siswa yang hanya memiliki kuota chatting pun dapat melihat konten pembelajaran sumber belajar yang diinginkan oleh guru.

Semoga bermanfaat

 #MerdekaBelajar #NadiemMakarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko #guruberbagi #gurupenggerak #SRB2020

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget