Mengecek Plagiarisme secara Online

Orisinalitas dalam sebuah karya sangatlah penting. Meniru karya orang lain untuk kemudian diakui sebagai karya sendiri dapat dikenai sebagai tindakan pidana, karena melanggar hak cipta. Plagiarisme pada dasarnya  merupakan penjiplakan, perniruan, pengakuan atau menyalin karya, pendapat, tulisan, karangan dan sebagainya dari orang lain untuk kemudian diaku sebagai karya sendiri.
Plagiarisme dalam dunia pendidikan dapat berakibat fatal. Diantaranya adalah dikeluarkan dari sekolah/universitas, dicabutnya gelar kesarjanaan pelaku atau yang lainnya. Nah, bagi yang sedang mengerjakan karya ilmiah semacam skripsi, tesis, penulisan artikel atau bahkan hanya sekedar tugas kuliah atau tugas sekolah alangkah baiknya jika karya tersebut asli sehingga terhindar dari tindakan plagiasi.
Salah satu program layanan online yang dapat kita gunakan untuk mengecek plagiarisme adalah plagiarismcheck.org. program layanan online ini dapat kita gunakan untuk mengecek kerjaan tulisan kita.
Berikut saya berikan panduan pengecekan plagiarisme dengna plagiarismcheck.org.
1.    Tentu buka dulu alamat www.plagiarismcheck.org
2.    Daftar dulu untuk mendapatkan akun pada plagiarismcheck.org. Untuk pendaftaran diperlukan alamat email, maka persiapkan alamat email anda.
3.    Begitu pendaftaran selesai maka akan secara otomatis anda dibawa masuk ke halaman plagiarismcheck.org.
4.    Untuk memasukkan tulisan yang akan anda cek isinya, silahkan klik “check text”, kemudian tulis atau copykan tulisan anda ke kotak yang muncul. Dan klik tombol check for plagiarism. Tunggu sebentar proses pengecekan akan berjalan. Tentunya seberapa banyak tulisan anda dan juga kelancaran koneksi internet akan berpengaruh pada lama cepatnya pengecekan.
5.    Hasil pengecekan akan terlihat dalam persentase. untuk mengetahui detail bagian mana yang terdeteksi sebagai plagiasi silahkan klik view result

6. Hasil secara detail akan ditampilkan secara detail darimana deteksi sumber plagiasinya
7. untuk mengecek kalimat mana yang menjadi plagiasi silahkan klik salah satu sumber yang ditunjukkan.

nah, begitulah kira-kira pengecekan plagiarisme secara online yang dapat dilakukan. Masih banyak program layanan online yang dapat digunakan selain plagiarismcheck.org. Antara lain dustball,


·         Saran : ambil yang baik tinggalkan yang buruk..
Tags:

Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget