Satu Tujuan, Sahabat Rumah Belajar GK ikut "Nimbrung" Seamo Regional Qitep in Mathematic

 


Seameo Regional Qitep in Mathematic bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Gunungkidul Yogyakarta mengadakan bagi guru-guru SD. Pelatihan bertajuk "Integrating ICT in Mathematics Education" yang diselenggarakan pada tanggal 21-26 September tentu sangat selaras dengan kegiatan sahabat rumah belajar, yakni pembaTIK, pembelajaran berbasis TIK. Oleh karena itu, ketika ditawari kesempatan untuk mengisi sosialisasi tentang rumah belajar oleh Kasi Bidang PTK SD Joko Suryanto, M.Pd, SRB GK pun menyambut baik tawaran tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Bang Iyon bersama dengan dua SRB yang lain, yakni Siwi Janarkamti dan Murbini, mencoba menggunakan waktu yang diberikan seoptimal mungkin. Karena alokasi waktu yang diberikan adalah 30 menit di akhir sesi sebelum penutupan. Dengan menyasar 30 orang peserta pelatihan tersebut. 



Pengenalan portal rumah belajar, mulai dari sumber belajar dan bank soal disampaikan oleh SRB Siwi Janarkamti, sekaligus mengenai portal simpatik. Kelas maya dan lab maya, disampaikan oleh SRB Murbini. Bang Iyon kebagian jatah berbagi tentang kegiatan roadshow pembaTIK SRB berikutnya. Tentu kalau sekedar sosialisasi tentunya kurang menarik, maka untuk lebih menarik perhatian perlu pemancing.  Menyesuaikan dengan tema kegiatan tersebut, Bang Iyon menyampaikan inovasi pembelajaran dengan menggunakan TIK. Yakni penggunaan web aplication, flipgrid.

Flipgrid bisa menjadi salah pelengkap dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model flipped classroom. Serta juga bisa digunakan untuk menciptakan "engagement" dalam social based learning. Flipgrid ini dimasukkan dalam bentuk link yang dapat di embed di kelas maya, atau langsung dikirim ke siswa.

Pertanyaan pun dilontarkan, "Biasanya untuk pengiriman video bapak ibu menggunakan apa?" dua jawaban besar muncul, Whatsapp dan Youtube. Namun whatsap lebih dihindari, karena pengiriman video lewat whatsapp akan mengurangi ruang memori smartphone. Jadi lebih banyak yang mengunakan youtube.  pun disampaikan kenapa menggunakan flipgrid.

Flipgrid dapat digunakan untuk alternatif, pengiriman video oleh siswa. Selain itu, flipgrid dapat digunakan untuk melakukan sosial based learning. Praktik pun dilakukan. Sebuah link penggunaan flipgrid dilempar ke forum. Ditunjukkan bagaimana cara menggunakannya. 

 

Nah, ketika Bang Iyon berjalan ke belakang ke arah peserta, ternyata ada peserta yang bertanya "Saya penasaran, gimana cara pakainya klo saya sudah membuka link itu?" Yes, umpan dimakan. Pun, dijelaskan, ketika bapak ibu membuka link tersebut dengan handphone, posisinya adalah sebagai siswa. Untuk masuk sebagai guru, silahkan dipilih titik tiga pilih sign in as educator. Pancingan pun kembali dilakukan. "Ikuti Rangkaian Roadshow SRB GK secara Online untuk mengetahui contoh lain pemanfaatan TIK untuk pembelajaran." 😁


Post a Comment

[blogger]

LInk Terkait

Contact form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget